Jumat, 13 September 2019

BERUBAH ATAU PUNAH


Mendidik atau tarbiyah adalah fitrah. Sebuah tuntutan setiap diri yang alamiah. Mau di buat formal atau pun non formal hanya istilah.

Menutup segala kekurangan diri dan keluarga dalam menjangkau tarbiyah. Berkumpul secara berjamaah. Kemudian jadilah sebuah sekolah.

Agar urusan tarbiyah fokus di tangani sekolah. Dan urusan keumatan lain, masih ada waktu untuk mengurus, dan tidak lengah.

Namun sekolah sekalipun, sejatinya adalah berkumpulnya pribadi-pribadi pendidik yang siap mengolah. Untuk membuat produk tarbiyah yang tak jauh dari pengolah.

Tentu harapannya, lebih baik dari sendiri atau satu keluarga, karena berjamaah. Sehingga hasil tarbiyah lebih varian dan di harapkan lebik baik serta berubah.

Yang aneh, jika menginginkan hasil tarbiyah berubah. Sementara pendidik tidak berubah. Orang tua pun tidak berubah. Hasilnya nanti hanya menghasilkan copi paste pendidik, dan orang tua tanpa banyak yang berubah.

Tantangan yang dinamis berubah. Dan tanggung jawab amanah pun berubah. Bila tidak di ikuti dengan kompetensi diri yang berubah. Hanyalah menunggu punah.

Ayo berubah, atau punah ! Alih-alih mengupayakan hasil briliant tarbiyah. Ternyata hasilnya sampah. Yang tidak bisa bermanfaat lebih, tapi justru penyebab masalah.

Pingin hasil tarbiyah pemuda yang tumbuh dalam ibadah. Tapi para pendidiknya bukan ahli ibadah. Akan menghasilkan copy paste tumbuh ibadah akhirnya susah.

Pingin hasil tarbiyah ahli quran, cinta qur'an, pemberi hadiah indah berupa jubah. Bahkan di ilustrasikan dalam sesi akhiru sanah. Agar dapat membangun sebuah maknawiyah.

Sementara para pendidik dan orang tuanya malas tilawah. Merasa tak penting, toh masih banyak amalan sunnah. Maka wassalam..., akhir dari sebuah tarbiyah. Hanya menunggu punah.

Mari berubah, untuk generasi harapan kita dalam kebaikan lebih bergairah ! Perubahan kita, akan sangat berdampak pada perubahan hasil tarbiyah. Lahirnya anak-anak perindu jannah...🤲


Creat by : K.H Umar Faqihuddin, S.Pd

Tidak ada komentar:
Write komentar

Nail Henna

Maspad Shofy

Clodi

Handsock